//
you're reading...
Articles

“SuperKid Vs SuperParents”

Masih Menjadikan Anak “Superkid” Dalam Belajar?
Kecenderungan orang tua yang terkadang sering kali menempatkan anak menjadi “SuperKid” sangat merisaukan anak. Memiliki anak yang bisa dibilang “SuperKid” memang menjadi idaman setiap orang

image

tua. Pada umumnya secara 90 persen orang tua ingin sekali mempuyai anak yang memiliki segala kemampuan baik secara akademik berprestasi mau non-akademik. Jika sikap dan pe rilaku orang tua sudah seperti itu, maka habislah seorang anak yang bukan “SuperKid”. Pada hakikatnya setiap anak pada umumnya hanya memiliki satu kecenderungan dan  tidak mengiyakan bahwa memang ada beberapa dan tidak pada umumnya yang memiliki banyak kecenderungan “Multiple Intellgence”. Oleh karena itu seperti yang dikatakan Howard Gardner 1991 bahwa kecenderungan sistem pendidikan lebih berasumsi bahwa setiap anak dapat belajar dengan cara yang sama dan dinilai dengan cara yang sama pula” padahal jauh dari itu semua jelas bahwa setiap anak memiliki gaya belajar “Learning style” yang sangat berbeda. Dijelaskan kembali oleh Howard Gardner beberapa learning style yang dimiliki oleh anak:

1. Visual spartial (visualisasi)
Pada tahap ini pembelajaran anak cenderung pada sesuatu yang bentuk “Real” visualisasi, oleh karena itu, sebaiknya pembelajaran sebaiknya menggunakan metode  “Authentic Learning”

2. Bodily-Kinesthetic (kinestatik)
Melibatkan anggota tubuh seperti tangan, kaki dan anggota tubuh yang lainnya adalah bentuk pembelajaran yang akan mempermudah anak yang memiliki gaya belajar “kinesthetic learning” ini. Teknik pembelajaran pun akan didesain dengan sangat baik melalui kegiatan; Role-Play, team work, dan kegiatan yang lainnya.

3. Music (Musik)
Musik dapat menjadi salah satu cara untuk meningkat kan motivasi dan konsentrasi anak. Ada kecenderungan anak yang akan mudah memahami pelajaran ketika pembelajaran di modifikasi dengan lirik, lagu, bahkan hal-hal yang berkaitan dengan music.

4. Interpersonal
Melibatkan siswa dalam bekerja secara group adalah pembelajaran yang sangat baik. Kegiatan yang secara tidak langsung berkaitan dengan interaksi sesama siswa akan menjadi salah satu gaya belajar siswa yang memiliki gaya belajar “Interpersonal” ini. Siswa akan lebih nyaman ketika harus memahami materi pembelajaran melalui kegiatan interaksi sesama teman bahkan kerja tim ‘Team Work”

5. Intrapersonal
“Autonomous learner” adalah karakter dari gaya belajar anak yang memiliki “Intrepersonal”. Anak yang memiliki gaya belajar ini cenderung lebih senang tidak melibatkan sekitar dalam pembelajaran, karena anak ini cenderung dapat belajar dengan mandiri tanpa harus berinteraksi oleh teman atau sekitar. Memiliki peserta didik seperti ini dapat memusatkan pembelajaran pada “Individual learner” dan intropeksi diri “Self-Reflection”

6. Lingusitic
Bahasa merupakan salah satu hal yang disenangi pada anak ini. Oleh karena itu, anak  ini sangat tertarik pada karya-karya sastra dan lebih mudah belajar melalui karya-karya sastra seperti; puisi, cerita, dan multimedia.

7. Logical
Pada tahapan ini, anak akan lebih suka bereksperimen seperti membuat perhitungan antara satu hubungan dengan hubungan yang lain bahkan lebih cenderung pada pembelajaran yang didasari pada pemecahan masalah dan investigasi.

Seharusnya orang tua mengerti bahwa setiap anak pada umumnya memiliki kecenderungannya masing-masing. Menjadikan anak “SuperKid” yang dapat menguasai segala hal adalah bentuk “egoism” orang tua yang memandang anak bisa mengerti segala hal. Begitupula dengan para pendidik (Guru), menyesuaikan gaya belajar anak dalam pembelajaran adalah salah satu bentuk kepercayaan kita bahwa setiap anak dapat berkembang dan suskes dengan hal yang mereka sukai di masa depan.

Advertisements

About M Abduh Al-Manar

Creating fun and experienced learning in teaching EFL Students..

Discussion

Comments are closed.

March 2016
M T W T F S S
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Olympiade Science Kuark

Creating Fun and Experience Learning Activities

Blog Stats

  • 976 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,529 other followers

%d bloggers like this: