//
you're reading...
Articles, Menu 1

Bagi rapot sebagai refleksi guru dan orang tua

Bagi kebanyakan guru, melaporkan hasil ulangan atau pencapaian anak adalah hal yang sangat penting selain memberikan “progress report” kepada orang tua tentang anak tetapi juga memberikan penjelasan tentang keIMG_0765seharian anak disekolah. Seharusnya pembagian rapot ini juga harus menghasilkan satu komitmen antara orang tua dan guru untuk pembelajaran anak kedepannya. Ada beberapa hal yang baiknya menjadi perhatian guru dalam pembagian rapot:

1.Menjalin komitmen antara guru dan orang tua terhadap pendidikan anak

Moment yang sangat baik dan jarang ini dapat sekali digunakan oleh guru dalam menjalin kerjasama dengan orangtua. Dengan membandingkan progress repot yang terdahulu dan sekarang,  guru dapat mudah mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan masing-masing siswa. Oleh karna itu, menjalin komitmen atau kerjasama ini sangat dianjurkan. Agar proses identifikasi kelemahan siswa dapat diatasi sedini mungkin.

2. Bentuk kepedulian orang tua dan guru terhadap perkembangan anak.

Kepedulian orang tua terhadap pendidikan harus menjadi poin pertama dan salah satu hak anak untuk mendapatkannya. Banyak sekali dijumpai ketika pembagian rapot, orang tua cenderung bersikap satu arah. Orang tua berperan sebagai orang lain ketika melihat hasil pembelajaran anaknya seolah-olah kegagalan anak hanya milik anak dan gurunya saja bukan orang tua. Orang tua bersikap dingin bahkan memusatkan pada kegagalan guru mengajar dan mendidik anak. Seharusnya kegagalan adalah bagian dari kegagalan guru dan peranan orang tua.

3. Pembelajaran terhadap anak akan pentingnya pendidikan.

Sangat disayangkan apabila anak tidak mengetahui mengapa ada kegiatan pembagian rapot dan sangat disayangkan apabila pembagian rapot ini hanya dijadikan sesuatu yang mengerihkan. Pembagian rapot seharusnya menjadi bagian pembelajaran bagi siswa bahwa sesuatu  yang kita kerjakan kelak akan mendapatkan penilaian, baik buruk ataupun baik. anak akan belajar bertanggung jawab atas apa yang telah dicapai dan juga anak akan belajar untuk meningkatkannya kembali.

Pada akhirnya, pendidikan adalah sebuah proses yang tidak dapat dicapai dengan maksimal jika hanya menitik beratkan guru sebagai tenaga pendidik dan anak sebgai peserta didik. Membangun komunikasi yang baik antara sekolah, orangtua, dan guru sangatlah pentng. pembagian rapot “Progress test” harusnya menjadi salah satu kesempatan berharga bagi orang tua dan guru sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan anak. Pembagian rapot diharapkan dapat berbuah komitmen antara guru dan orang tua untuk pendidikan anak yang lebih baik lagi kedepannya, amien.

Oleh

Muhammad Abduh Al-Manar

 

 

Advertisements

About M Abduh Al-Manar

Tenaga pendidik yang aktif mengajar di lembaga baik formal ataupun non-formal

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2016
M T W T F S S
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Olympiade Science Kuark

Creating Fun and Learning Activities

Blog Stats

  • 696 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,529 other followers

%d bloggers like this: