Pentingnya peran orangtua muda atau karir dalam pendidikan anak

“Young Parents on Top”

Sering kali para pendidik salah kaprah akan pengertian pembelajaran yang efektif. Pembelajaran terlebipost-11h disudutkan pada situasi didalam kelas dan dilakukan secara formal. Padahal, pada perkembangan anak, anak lebih dapat merasakan pembelajaran ketika anak berada dalam kondisi nyaman, bebas tanpa tekanan, dan dorongan motivasi yang kuat oleh orang sekitar.

Bagi orang tua muda yang memang harus meninggalkan anaknya ketika bekerja, ini memang sangatlah sulit. Ada beberapa tips yang bisa membantu orang tua muda agar dapat secara terus menerus memantau
perkembangan anaknya secara intensif walaupun harus bekerja;

1. Saat sarapan pagi dirumah.

Pendidikan dapat dilakukan dimana saja. Waktu yang sempit disaat makan pagi bersama, bisa menjadi waktu yang tepat saat memberikan motiasi ke anak ketika dimeja makan. Motivasi-motivasi ringan sampai dengan beberapa pertanyaan mengenai pelajaran atau tugas sekolah bisa dilakukan saat makan pagi bersama.

2. Mengantarkan anak kesekolah.

Pembelajaran bisa dilakukan oleh orangtua dimana saja. Mengantarkan anak kesekolahpun dapat menjadi waktu emas para orang tua muda untuk menanamkan karakter anak. Sepanjang jalan kesekolah, orang tua muda dapat memberikan pembelajaran karakter seperti rasa bersyukur, saling menghargai, dan rasa peduli terhadap sesama. Pembelajaran tersebut dapat diraih dengan melalukan perbandingan kecil dari yang dilihat disepanjang jalan menuju sekolah.

3. Menitipkan anak kepada guru.

Mengapa harus menemui guru ketika anak ada masalah disekolah?mengapa menemui guru ketika pembagian rapor saja?mengapa hanya datang kesekolah ketika harus dimintai datang oleh guru? Dengan meluangkan waktu menemui guru dan menanyakan perkembangan anak disekolah adalah upaya dari bentuk kepedulian orang tua terhadap perkembangan anak.

Pendidikan anak sejak usia dini sangatlah penting. Pendidikan tidak seharusya dititikberatkan disekolah. Kerterlibatan orang tua, guru dan serta sekolah menjadi faktor penting bagi perkembangan anak. Dengan tips yang diatas, “Young Parents” tidak usah takut akan kehilangan waktunya untuk memantau perkembangan anak disela kesibukan berkerja.

Oleh, Muhammad Abduh Al-Manar

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s